Top 5: RIAN EKKY PRADIPTA

Alunan Nusantara kembali menghadirkan 5 lagu pilihan dari musisi yang kami pilih. Kali ini, pilihan kami jatuh kepada vokalis dari salah satu grup musik kenamaan di Indonesia, yaitu Rian Ekky Pradipta dari grup musik d’Masiv.

Rian dikenal lewat koleksi piringan hitamnya yang sangat banyak, di antaranya album-album dari musisi Indonesia. Nah, dari sekian banyak lagu-lagu Indonesia yang sudah Rian koleksi dan dengarkan, kira-kira apa, ya, 5 lagu favoritnya? Langsung aja meluncur ke bawah!

  • Utha Likumahuwa – Esok ‘kan Masih Ada
Album Utha Likumahuwa – Bersatu Dalam Damai

Esok ‘kan Masih Ada merupakan lagu dari Utha Likumahuwa yang dirilis di awal-awal dirinya berkarir sebagai penyanyi solo. Lagu ini dimuat di dalam album Bersatu Dalam Damai yang dirilis pada tahun 1983 di bawah label Jackson Records. Lagu ini diciptakan oleh Dodo Zakaria dengan iringan musik dari beberapa musisi top saat itu, yaitu Yopie Item (penata musik, gitar, gitar bas), Rully Johan (kibor), Hengky M. (drum), Benny Likumahuwa (terompet) dan Addie MS cs. di bagian string. Lagu beraliran jazz ini sangat cocok dibawakan dengan karakter vokal dari Utha yang sangat khas. Bila ada daftar lagu jazz terbaik di Indonesia, lagu ini sangat pantas untuk masuk di dalam daftar tersebut.

  • Keenan Nasution – Jamrud Khatulistiwa
Sampul Album Keenan Nasution – Dibatas Angan-Angan

“Aku bahagia…” merupakan kalimat khas pembuka dari lagu yang bernuansa riang ini. Jamrud Khatulistiwa merupakan karya cipta dari Guruh Sukarno Putra untuk Keenan Nasution yang dimuat di album perdananya Keenan yang berjudul Di Batas Angan-Angan. Album ini dirilis pada Januari tahun 1978 di bawah label Duba Records. Untuk sesi musik, lagu ini melibatkan Keenan sebagai vokalis, pemain kibor, dan drum. Dibantu oleh Roni Harahap dan Mauly pada kibor, Junaedi Salat pada gitar bas, dan Narry pada perkusi.

  • Chrisye – Sabda Alam
Sampul Album Chrisye – Sabda Alam

Lagu ini berasal dari album solo pertama Chrisye yang berjudul sama. Album ini dirilis pada Januari 1978 di bawah label Musica Studio’s, beberapa minggu setelah album Di Batas Angan-Angan dari Keenan Nasution dirilis. Lagu yang diciptakan oleh Chrisye ini syairnya ditulis Junaedi Salat serta melibatkan Chrisye pada gitar akustik dan gitar bas, Yockie Suryo Prayogo dan Roni Harahap pada kibor, dan Keenan Nasution pada drum. Bagi anda yang tidak sadar, lagu ini sebenarnya memiliki nuansa yang gelap dan gloomy. Hal tersebut bisa didengar dari permainan synthesizer yang dimainkan oleh Roni Harahap di intro dan bridge lagu yang bernuansa sangat dark. Keenan Nasution dalam sebuah wawancara pernah mengakui bahwa pada saat pertama kali mendengar lagu ini, ia tiba-tiba merinding begitu saja.

  • Dewa 19 – Aku Di Sini Untukmu

Aku Di Sini Untukmu merupakan lagu dari album Pandawa Lima yang dirilis pada tahun 1997 di bawah label Aquarius Musikindo. Lagu inimerupakan single hits dari album Pandawa Lima di samping lagu Kirana, dan Kamulah Satu-Satunya. Lagu ini diciptakan oleh Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, dan Aksan Sjuman. Formasi Dewa 19 di album ini bisa dibilang merupakan formasi terbaik dari mereka. Ada Ahmad Dhani (kibor), Ari Lasso (vokal), Andra Ramadhan (gitar), Erwin Prasetya (gitar bas), dan Aksan Sjuman (drum). Buktinya, dengar saja secara teliti lagu Aku Di Sini Untukmu. Ketukan drum yang pas dari Aksan, betotan gitar bas Erwin yang memanjakan telinga, alunan gitar dari Andra, serta sayatan kibor dari Ahmad Dhani, ditambah tiupan terompet dari Petter Holl menambah padu lagu yang dinyanyikan oleh Ari Lasso ini.

  • Vina Panduwinata – Citra Biru

Vina Panduwinata merilis album pertamanya di tangan label rekaman (Jackson Records) dan penata musik yang tepat! Pada tahun 1980, ketika musik mendayu-dayu kembali marak, Vina yang saat itu tergolong penyanyi pendatang baru mengejutkan publik lewat karyanya yang berjudul Citra Biru. Lewat lagu ini, Vina memberi citra lain bagi penyanyi wanita. Vina berhasil membawakan musik elite nan berkelas, tidak seperti penyanyi wanita pada umumnya saat itu yang cenderung membawakan lagu-lagu “ringan” alias easy listening. Dari lagu dan album ini lah, Vina menjadi pembeda dari penyanyi-penyanyi wanita yang lain. Citra Biru diciptakan oleh James F. Sundah, diiringi oleh musik yang ditata oleh Billy J. Budiarjo, Dodo Zakaria, Rudy Gagola, Chris Manusama, James F. Sundah,  Darwin, dan Jose.

Berikut preview 5 lagu Indonesia pilihan Rian Ekky Pradipta, selamat mendengarkan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s