Top 5: Ilman Ibrahim

Ilman Ibrahim adalah musisi yang dikenal sebagai keyboardist Maliq & D’Essentials menggantikan posisi Ifa Fachir yang hengkang pada 2011 lalu. Sekitar tahun 2014, bersama dua rekannya sesama musisi, Lale (gitaris Maliq & D’Essentials) dan Nino (RAN) membentuk bendera Laleilmannino, trio komposer dan produser yang sukses membuat hits maker bagi para penyanyi papan atas Indonesia hingga hari ini. Kali ini, musisi yang juga menekuni olahraga golf ini bersedia untuk memberikan Top 5 lagu-lagu Indonesia pilihannya kepada Alunan Nusantara.

  1. Candra Darusman – Kau (Indahnya Sepi, 1981)

Candra Darusman adalah musisi dan komposer Indonesia yang pertama kali dikenal lewat grup Chaseiro sekitar pertengahan era 1970’an. Ditengah era mengembangkan Chaseiro, Candra Darusman sempat membuat album solo meskipun cuma dua buah saja: Indahnya Sepi (1981) dan Kekagumanku (1983) sebelum akhirnya membentuk Karimata. Lagu Kau yang hadir sebagai track pertama di album pertama Candra Darusman langsung berhasil memikat hati banyak orang ketika itu. Sampai akhirnya, lagu ini berhasil masuk menjadi salah satu lagu Indonesia sepanjang masa yang sampai hari ini masih banyak didengar dan dinyanyikan orang.

2. Candra Darusman – Our Moments of Paradise (Kekagumanku, 1983)

Album Kekagumanku dari Candra Darusman memuat salah satu lagu pop-jazz ringan underrated alias tak menjadi hits berjudul Our Moments of Paradise. Sekedar informasi, lagu ini ditulis oleh Indra Lesmana dan Mira Lesmana ketika mereka masih tinggal di Sydney, Australia. Sekaligus, lagu ini juga menjadi satu-satunya lagu yang ditulis komposer lain (selain Candra Darusman sendiri) di album Kekagumanku.

3. Chrisye feat. Vina Panduwinata – Kisah Insani (Sendiri, 1984)

Setelah Chrisye mengakhiri kerjasama panjangnya dengan Yockie Suryoprayogo karena perbedaan idealisme, Chrisye merilis album berjudul Sendiri di tahun 1984 dengan menggandeng Addie MS sebagai music director dan Vina Panduwinata sebagai penyanyi tamu. Single andalan dalam album ini adalah lagu berjudul Kisah Insani yang merupakan duet manis antara Chrisye dengan Vina Panduwinata. Sebuah lagu pop easy listening yang berhasil mencuri perhatian orang sekaligus lagu ini juga membuktikan bahwa Chrisye berhasil terlepas dari baying-bayang Yockie sebagai music director.

4. Fariz RM feat. Candra Darusman – Dunia Dibatas Senja (Panggung Perak, 1981)

Apa jadinya kalau dua maestro kebanggan Indonesia Fariz RM dan Candra Darusman berkolaborasi? Hasilnya, tentu saja akan menjadi sebuah masterpiece. Keduanya berhasil membuktikannya pada lagu Dunia Dibatas Senja, sebuah lagu bossanova ringan di album solo ketiga Fariz berjudul Panggung Perak (1981) ciptaan Candra Darusman yang awalnya dibawakan Chaseiro. Lagu inipun sukses menjadi hits dan berhasil menjadi ikon city-pop Indonesia. Tahun 2018, Fariz RM dan Candra Darusman membawakan kembali lagu ini dengan aransemen baru dari Barry Likumahuwa untuk project album Detik Waktu: Menyanyikan Karya Cipta Candra Darusman. Dan di tahun 2019, Dipha Barus mengambil salah satu elemen di lagu ini untuk dijadikan sampling di lagu miliknya berjudul Woosah yang dibawakannya bersama rapper Matter Mos.

5. Ahmad Band – Sudah (Ideologi, Sikap, Otak, 1998)

Publik tentu tidak bisa mengelak kalau Ahmad Dhani bisa sukses dan berhasil menjadi maestro papan atas Indonesia berkat Dewa 19. Menjelang akhir 1990’an, Dewa 19 mengalami sedikit benturan yang salah satunya dipicu karena Ari Lasso menggunakan narkoba. Ditengah benturan itu, Ahmad Dhani membentuk Ahmad Band sebagai proyek sampingan yang beranggotakan Ahmad Dhani (vocal/keyboard), Andra Ramadhan (guitar), Pay (guitar), Bongky (bass), Bimo (drum). Single andalan Ahmad Band di album satu-satunya mereka berjudul Ideologi, Sikap, Otak (1998) adalah lagu berjudul Sudah yang bernafaskan R&B. Mengingat saat itu, Ahmad Dhani sedang cukup menekuni musik R&B yang pertamakali digarapnya melalui album pertama Reza Artamevia berjudul Keajaiban (1997).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s