Top 5: Iga Massardi

Alunan Nusantara kembali menghadirkan konten TOP 5, yaitu konten yang berisi 5 lagu Indonesia terbaik dari musisi yang kami pilih. Kali ini, kami akan menghadirkan 5 lagu Indonesia terbaik versi Iga Massardi, vokalis sekaligus gitaris dari grup musik Barasuara. Penasaran apa saja lagu terbaik pilihan Bang Iga? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

  1. AKA – Do What You Like

Indonesia seolah tak pernah kehabisan talenta terbaiknya dalam musik keras. Salah satu yang terbaik adalah grup musik Apotek Kali Asin alias AKA. Salah satu lagunya yang berjudul Do What You Like langsung menjadi lagu andalan pada masanya. Riff-riff gitar berat khas hard rock ditambah vokal keras ala Ucok merupakan paduan yang sangat gila bagi musik Indonesia di masa itu. Lagu ini pantas dinobatkan sebagai lagu terbaik dari AKA. Terbukti, lagu ini kelak ditempatkan pada peringkat ke-125 pada “150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa” yang dikurasi oleh salah satu majalah musik ternama di Indonesia. Walaupun lagu ini dirilis di awal tahun 70-an, tapi lagu ini boleh dibandingkan dengan lagu-lagu rock masa kini. Kerasnya boleh diadu!

2. God Bless – Kehidupan

Lagu ini terdapat di album Semut Hitam. Sebuah album yang menandai kembalinya God Bless ke dunia rekaman setelah sewindu tidak merilis album, waktu yang sangat lama bagi musisi atau grup musik pada saat itu untuk tidak merilis sebuah album. Kembalinya God Bless di tahun 1988 digebrak dengan lagu berjudul Kehidupan ciptaan Yockie Suryo Prayogo. Lagu ini secara garis besar menceritakan tentang arus kehidupan yang begitu ambisius dengan tensi yang sangat tinggi. Dengan kata lain, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang “sikut-sikutan” dan melibas segala cara untuk mencapai tujuannya tanpa memikirkan sesuatu yang ada di sekitarnya. Apakah sindiran terhadap orde pemerintahan saat itu

3. Koes Plus – Kelelawar

Lagu yang secara sederhana menceritakan tentang hewan kelelawar ini terdapat di album perdana Koes Plus yang berjudul Dheg Dheg Plas. Lagu yang diciptakan oleh Tonny Koeswoyo ini memiliki makna yang sangat sederhana sekali. Tak perlu muluk-muluk, lagu ini hanya menceritakan seekor kelelawar yang sayapnya hitam, hidup di malam hari, dan bergantungan (tidur) ketika pagi hari. Sederhana sekali, ya? Namun walaupun begitu, musik yang diusung cukup “berat”, karena mereka berusaha mengikuti trend yang sedang naik daun saat itu, yaitu aliran musik rock n roll. Pada tahun 2009, lagu ini menempati peringkat ke-83 pada 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa versi salah satu majalah musik ternama di Indonesia.

4. Flowers – (Tolong) Bu Dokter

Mungkin nama grup musik ini agak asing di telinga anak muda zaman sekarang. Namun bila dilihat pengaruhnya, grup musik ini adalah salah satu penggerak musik rock n roll di era 90-an bersama Slank dan geng Potlot lainnya. Album perdananya yang mengandalkan single berjudul (Tolong) Bu Dokter langsung menggebrak telinga anak muda saat itu. Lagu ini menceritakan tentang pergaulan anak-anak muda di Gang Potlot yang dekat dengan obat-obatan terlarang namun digambarkan dengan kata-kata kiasan. Contohnya adalah “Bu Dokter” sendiri yang maksudnya merupakan “BD” alias bandar. Jangan lupakan juga ada satu part unik yang terdapat di lagu ini, yaitu ada selingan psychedelic yang mengawang-awang di pertengahan lagu.

5. Netral – Pucat Pedih Serang

Pucat Pedih Serang merupakan single andalan dari grup musik Netral untuk album ketiganya yang bertajuk Album Minggu Ini. Semua pendengar Netral tentu setuju bahwa album ini merupakan album terbaik dari grup musik Netral. Khususnya untuk lagu Pucat Pedih Serang yang sering menjadi perbincangan karena liriknya yang ambigu. Banyak yang mengartikan kalau lagu ini menceritakan tentang proses seseorang menuju bunuh diri. Namun dilansir lewat video yang diunggah di channel YouTube NTRL Official TV, sang vokalis, Bagus, membantah lagu ini menceritakan tentang proses bunuh diri. Ia mengatakan bahwa lagu ini justru menceritakan sebaliknya, yaitu sebuah motivasi untuk seseorang agar tidak melakukan proses bunuh diri. Secara garis besar maksudnya adalah rasa pucat dan rasa sedih harus kita serang agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s