Chrisye – Nona

Cover album Chrisye “Nona”

Informasi Album:

Judul   : Nona

Artis    : Chrisye, Erros Djarot, Yockie Suryo Prayogo, Hetty Koes Endang

Tahun  : 1984

Label   : PT. Musica Studio’s

Aransemen Musik : Yockie

Pengisi vokal : Chrisye, Hetty Koes Endang, Yockie (vokal latar)

Pengisi keyboard : Yockie

Pengisi bass : Chrisye

Pengisi gitar : Ian Antono (God Bless)

Pengisi trombone : Pram

Pengisi drum : Uce Hudioro

Album ini merupakan proyek trio Chrisye, Yockie Suryo Prayogo, dan Erros Djarot yang terakhir semenjak album Resesi (1983), dan Metropolitan (1984). Album ini lahir karena trio tersebut masih yakin akan musik yang mereka tawarkan bagi pendengar musik Indonesia. Namun, kehendak berkata lain. Album ini tidak begitu populer di pasaran. Hanya dua lagu saja, yaitu Berita Ironi  dan Sayang yang cukup populer. Yang lainnya sempat diputar di berbagai radio namun tak begitu populer.

Kita lupakan sejenak masalah komersial dari album ini, mari kita lihat sisi musikalnya. Album ini menawarkan warna musik serta tema lagu yang beragam. Pop-progresif tetap menjadi kunci utama. Namun ada pula yang lain seperti jazz-pop, semi-ska dengan sentuhan melayu, pop yang mellow, bahkan new wave yang sangat kental! Tema lagunya pun beragam, mulai dari percintaan, alam, hingga masalah sosial. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya dibawah ini.

Side A

1. Berita Ironi

Album ini dibuka dengan lagu Berita Ironi yang cukup populer di kalangan masyarakat. Lagu ini bercerita tentang permasalahan sosial yang terjadi pada waktu itu. Lagu ini memiliki corak agak ska. Ini ditunjukan dengan permainan gitar dari Ian Antono (God Bless) yang irit tetapi sangat melengkapi. Uniknya, pada bagian reff, lagu ini berubah menjadi agak melayu. Sebuah lagu yang cukup unik.

2. Sayang

Lagu kedua adalah lagu yang sangat romantis. Mungkin salah satu yang paling romantis yang pernah ada di Indonesia. Lagu Sayang yang dinyanyikan duet dengan Hetty Koes Endang ini memang sangat cocok didengarkan dengan dua sejoli yang sedang memadu kasih. Diiringi dengan musik yang jazzy bertempo lambat, lagu ini seharusnya menjadi everlasting hits dan sangat potensial untuk menjadi lagu terbaik dari Chrisye.

3. Nona

Lagu terbaik yang ada di album ini! Di lagu ini, trio ini menunjukan kemampuan bermusik mereka yang modern dan mengikuti tren populer pada saat itu, yaitu new wave. Dibuka dengan permainan synthesizer Yockie yang sangat new wave, dan sepanjang lagu diiringi dengan synth bass yang sangat khas dari musik new wave. Untuk pembaca yang suka dengan The Upstairs atau Goodnight Electric, lagu ini bisa menjadi referensi baru bagi pembaca yang menggemari musik new wave,

4. Selamat Datang Anakku

Sesuai dengan judulnya, lagu ini menceritakan tentang rasa bahagia ketika sang buah hati lahir. Lagu ini dibuka dengan intro yang cukup panjang dengan permainan piano Yockie yang sangat manis.

5. Gadis Manja

Lagi-lagi trio ini menunjukan kreatifitasnya. Lagu ini adalah sebuah lagu konsep. Menceritakan tentang seorang anak muda yang melamar seorang gadis. Namun, hubungan tersebut tak direstui oleh sang ayah si gadis. Konsep cerita tersebut tergambar sangat baik lewat lagu ini. Chrisye (anak muda), Hetty Koes Endang (gadis), dan Yockie (ayah si gadis) memainkan perannya dengan baik. Ketika lagu dinyanyikan oleh Chrisye, tempo dan suasana lagunya riang, menunjukan keoptimisan si pemuda tersebut. Ketika masuk ke bagian Hetty, tempo lagu melambat disertai vokalHetty yang kuat, menunjukan ketegangan dari hubungan mereka. Dilanjutkan dengan bagian Yockie sebagai ayah dengan suaranya yang berat menunjukan sosok ayah yang galak. Kemudian dilanjutkan dengan vokal Chrisye dengan nada yang agak lesu, menunjukan kekecewaan si pemuda terhadap reaksi ayah si gadis. Lagu kemudian dilanjutkan dengan selingan permainan keyboard Yockie, lalu lagu kembali lagi ke konsep sebelumnya. Hmm… sebuah lagu dengan konsep yang menarik, bukan?

Side B

6. Hilangnya Sebuah Pribadi

Sisi B album ini dibuka dengan lagu yang menunjukan tanda tanya besar atas hilangnya mental pejuang anak-anak muda. Digambarkan dalam lagu ini bahwa anak-anak muda pada zaman itu tidak menunjukan kalau dia adalah pemuda yang baik. Diibaratkan bahwa pemuda ini sudah kehilangan mental dan jati dirinya.

7. Lagu Untukmu

Di lagu ini, Chrisye kembali berduet dengan Hetty Koes Endang. Menceritakan tentang hubungan persahabatan yang telah terjalin lama, namun harus kandas di tengah jalan karena takdir yang berubah. Bisa dibilang lagu ini juga merupakan sebuah lagu perpisahan.

8. Sarjana Kaki Lima

Lagu ini sebenarnya sangat potensial untuk menjadi hits karena memiliki konsep yang bagus. Lagu ini menceritakan tentang susahnya pemuda dalam mendapatkan kerja setelah mendapat gelar sarjana. Alhasil, si pemuda itu lebih memilih membuka usaha kaki lima daripada harus melamar kerja. Lagu ini diiringi dengan musik dan lirik yang memberi semangat kepada pendengarnya.

9. Salam Hangat

Untuk para aktivis pecinta lingkungan, lagu ini cocok untuk kalian! Lagu ini menceritakan tentang rasa hormat dan terima kasih kepada kalian yang telah menjaga alam ini dengan baik. Karena seiring berjalannya waktu, alam kita ini semakin rusak. Maka dari itu, ajakan dalam lagu ini adalah harus adanya langkah dalam menjaga lingkungan yang terus menerus dan jangan sampai berhenti.

10. Biarkan ‘ku Sejenak

Lagu terakhir dalam album ini. Atau bisa disebut juga sebagai lagu terakhir Chrisye bersama Yockie. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang lelah dengan pekerjaan sehari-harinya, sehingga ia membutuhkan waktu untuk istirahat dan bermesra-mesraan dengan kekasihnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s