Top 5 – Oi (Swara Gembira)

Top 5 merupakan rangkuman 5 lagu pilihan/ favorit dari ribuan bahkan jutaan lagu yang pernah didengar oleh seseorang yang telah kami pilih. 5 lagu yang kami sajikan hanya berisikan lagu-lagu Indonesia dari lintas genre bahkan lintas zaman! Penasaran kan lagu Indonesia favorit dari orang-orang yang telah kita pilih?

Oi Swara Gembira

Untuk episode kali ini kita bakal disajikan top 5 dari Oi. Oi merupakan penggagas dari Swara Gembira, sebuah paguyuban muda-mudi yang berdiri sejak Maret 2017. Tujuan dari paguyuban ini sendiri demi kejayaan dan kelestarian seni budaya Indonesia agar menjadi mercusuar dunia hiburan mancanegara.
Nah, penasarankan 5 lagu Indonesia pilihan Oi kaya gimana? Berikut lagu 5 Indonesia pilihan Oi :

Sebenarnya ketika saya diminta untuk menceritakan lagu Indonesia kegemaran saya apa saja, sungguh sulit sekali. Apalagi khususnya hanya 5 nomor. Sungguh banyak lagu Indonesia yang jadi kegemaran saya. Dari mulai lagu tradisional, Pop Batak, Pop Minang, Pop Sunda, Pop Jawa, belum lagi lagu-lagu era 50-an hingga kini (2019). Tapi saya disini lebih tertarik menceritakan 5 lagu kegemaran saya yang mungkin patut didengar oleh para pengikut Alunan Nusantara untuk dipahami dan dihayati sebagai rujukan dalam berkesenian, terutama musik yang dapat menjadi kemaslahatan untuk bangsa ini.

1 – Guruh Gipsy- Geger Gelgel

Sampul Guruh Gipsy

Geger Gelgel merupakan lagu kedua yang ditulis Guruh Soekarno Putra ketika berkolaborasi bersama grup Gipsy. Lagu yang berdurasi 12 menit ini berada di album satu-satunya mereka yang bertajuk “Kesepakatan Dalam Kepekatan”. Album ini direkam pada bulan Juli tahun 1975 sampai Februari tahun 1976. Selesai di-mixing pada bulan November 1976, dan dirilis pada tahun 1977. Musik dalam lagu ini begitu dinamis dengan peleburan musik etnis Bali yang pentatonis dengan musik barat yang diatonis. Konon, untuk lagu Geger Gelgel sendiri pada proses rekamannya melibatkan hingga 20-25 additional player!

MenurutAlex Kumara (penata rekaman Guruh Gipsy), dalam proses perekaman “Indonesia Maharddhika” dan “Geger Gelgel”, lagu ini termasuk yang proses penggarapannya paling sulit secara teknis. Hal tersebut disebabkan karena begitu banyaknya bunyi-bunyian yang harus direkam serta jumlah pemainnya yang mencapai 25 orang membuat studio berukuran 50 meter persegi pun terasa begitu sesak dan pengap.

2 – Guruh Gipsy – Janger 1897 Saka

Sampul Guruh Gipsy

Janger 1897 Saka juga merupakan lagu Guruh Soekarno Putra ketika berkolaborasi bersama grup Gipsy. Vokal dalam lagu ini dinyanyikan secara bergantian oleh Keenan Nasution dan Chrisye. Lagu ini bercerita tentang terkontaminasinya budaya Indonesia oleh budaya barat, sehingga menyebabkan lunturnya budaya asli Indonesia. Guruh menyampaikan sebuah pesan dalam lagu ini bahwa walaupun kita bangsa yang terkenal ramah, namun jangan sampai budaya asli kita luntur. Seperti potongan lirik dalam lagu Janger 1897 Saka:

“Boleh saja bersikap selalu ramah

Bukanlah berarti bangsa kita murah

Kalau kawan tak hati-hati, bisa  punah budaya asli

Kalau punah budaya asli, harga diri tak ada lagi

(harga diri tak ada lagi maka tak dapat berbangga hati)”

3 – Chrisye – Lakon Manusia

Sampul Album Puspa Indah

Lagu ini berada di album Chrisye yang bertajuk “Puspa Indah” yang dirilis pada tahun 1980 oleh Musica Studio’s. Album ini merupakan album musik filmuntuk film “Gita Cinta dari SMA” dan “Puspa Indah Taman Hati” yang dibintangi oleh Rano Karno dan Yessy Gusman”. Musik film dalam film ini ditangani oleh Guruh Soekarno Putra, Chrisye dan Yockie Suryo Prayogo serta Jimmie Manopo sebagai pemain drum. Lagu-lagu dari kedua film ini selanjutnya dirilis dalam bentuk album dengan judul “Puspa Indah”. Seluruh lagu dalam album ini diciptakan oleh Guruh dan semuanya berhasil menjadi hits, sebut saja seperti “Galih dan Ratna”, “Lagu Putih”, “Gita Cinta” dan “Puspa Indah”. Lagu “Lakon Manusia” sendiri diciptakan oleh Guruh Soekarno Putra pada tahun 1972. Isinya menceritakan tentang lika-liku manusia dalam kehidupannya.

4 – Vina Panduwinata – Aji Mumpung

Sampul Album Pagelaran Karya – Cipta GSP III

Lagu ini berada di album Guruh Soekarno Putra yang bertajuk “Pergelaran Karya Cipta III/ Cinta Indonesia Vol.1” yang dirilis pada tahun 1984 oleh Musica Studio’s. Pergelaran kali ini merupakan pergelaran ketiga Guruh bersama Swara Maharddhika. Selain itu, Guruh juga turut menggandeng Vina Panduwinata, Chrisye, dan Irawardi untuk mengisi vokal pada album ini. Lirik dalam lagu ini bercerita tentang sindiran terhadap penguasa yang melakukan korupsi, menimbun kekayaan dengan cara yang licik, berlomba-lomba merebut kekuasaan, sampai mementingkan kepentingannya sendiri tanpa mempedulikan orang lain dengan berkedok kesederhanaan.

5 – Ferina & Lita – Rumpi Pasar

Sampul Album Jak-Jak-Jak-Jakarta

Posisi kelima di tempati (lagi-lagi) oleh lagu ciptaan Guruh Soekarno Putra yang vokalnya diisi oleh Ferina dan Lita berjudul “Rumpi Pasar”. Lagu ini diambil dari album pergelaran Guruh Soekarno Putra bersama Swara Maharddhika yang bertajuk “Jak Jak Jak Jak Jakarta” yang diselenggarakan bertepatan dengan ulang tahun Kota Jakarta yang ke-462. Pergelaran ini diselenggarakan di Balai Sidang Senayan, Jakarta, pada tanggal 20 – 22 Juni 1989 dan berlangsung sukses seperti pergelaran-pergelaran sebelumnya. Album ini pun laris di pasaran pada saat itu, terutama berkat lagu “Jalan Sore” yang dinyanyikan oleh Denny Malik, juga lagu “Misteri Mimpi” yang meraih penghargaan BASF Award sebagai “Aransemen Musik Terbaik”. Album ini dirilis pada tahun 1989 oleh label Musica Studio’s.

Soal alasan dan ulasan; jujur, begitu banyak buah pikir yang ingin saya limpahkan disini. Dari mulai syair, irama, melodi, harmoni, sampai dinamika. Tapi akan lebih baik kalau ada kesempatan kita dapat bertemu langsung dan bertukar pikiran yang nantinya mungkin dapat ditulis oleh tim Alunan Nusantara. Terima kasih ya AN! Sukses, ya! Semoga kelak nanti kalian dapat me-”Nusantara”-kan musik di negeri ini seperti nama kalian, Alunan Nusantara.

Itu dia top 5 episode kali ini dari Alunan Nusantara, penasaran top 5 siapa lagi yang bakal kita ulas dan bagikan? Tunggu di Top 5 Selanjutnya! Sampai bersua kembali yaa.

Oiya buat kalian yang mau denger top 5 dari Oi (Swara Gembira), bisa mampir di mixtape kita ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s